Lelah ya? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengapresiasi Dirimu

 Lelah ya?


Aku tau perjalananmu jauh dan tidak begitu mulus. Kamu hebat sudah bisa melewatinya. Bahkan aku rasa sekarang perjalananmu masih belum usai. Banyak yang harus kamu hadapi. Belum lagi jika kamu sedang berjalan lalu bertemu dengan orang-orang yang meremehkanmu. Entah meremehkan kemampuanmu, pilihan yang kamu pilih, dan lainnya. Mereka jahat ya? sampai membuatmu menangis tersedu-sedu dalam kamar sepi dan gelap itu. Semua tidak akan paham jika belum merasakannya. Aku tau kamu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencintai takdir yang Tuhan berikan. Tolong bertahan ya masih banyak hal-hal lain yang belum kamu rasakan dan lakukan. Maafkan mereka yang selalu meremehkan bahkan menjatuhkan dirimu. Kamu tau bahwa apa yang sedang kamu alami sekarang adalah rencana Tuhan yang memang sudah Tuhan berikan untukmu karena kamu mampu untuk melewatinya. Sabar sedikit agar bisa menjadi bintang yang bersinar untuk membuktikan bahwa omongan mereka salah. Namun, jangan terlalu memaksakan diri ya! kejarlah semampumu jika kamu tidak mampu mohon jangan dipaksa. Mencintai diri sendiri jauh lebih penting daripada terlihat baik dan indah dimata manusia. Manusia tidak akan pernah puas pada pencapaianmu dan mereka akan selalu menuntut menuntut dan menuntut. 


Dari sini kita belajar untuk menjadi manusia yang tidak bersifat seperti itu. Kita tahu bahwa meremehkan adalah hal yang sakit maka jangan sampai kita meremehkan orang lain. kita harus belajar bagaimana caranya memanusiakan manusia. Kita tidak akan mampu mengatur sikap orang lain maka kita yang harus mengatur diri kita sendiri untuk setiap perkataan yang ingin kita keluarkan. Lisan memang berbahaya. Dalam hadist riwayat Bukhori “Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan” dalam Islam sendiri lisan sudah disinggung karena dapat membahayakan orang lain. 


Sesekali kita harus bisa mengapresiasi diri kita dengan berkata hebat pada diri kita. Tidak perlu self reward dengan membeli segala macam hal yang kita suka cukup berikan tepuk tangan yang meriah pada diri kita karena telah berhasil sabar dan memaafkan orang lain. Tolong maafkan orang lain yang berkata seperti itu ya. Karena memang pada akhirnya hanyalah diri kita yang mampu memahami apa yang kita rasa. 


Lakukan 5 hal ini jika kamu ingin memberikan apresiasi pada dirimu

  1. Maafkanlah dirimu sendiri 

Sebelum kita mengapresiasi diri sendiri hal penting yang harus dilakukan adalah memaafkan diri sendiri. Maafkan semua yang telah berlalu dan ampuni hati kecilmu ya. Berikan pada dirimu suatu kepercayaan yang dapat membangkitkan rasa percaya diri. Jangan lupa katakan pada dirimu bahwa semua akan baik-baik saja. Mesra yang kita ketahui adalah untuk orang lain padahal kita bisa mengajak diri kita sendiri untuk berbicara mesra. Setelah kamu bisa memaafkan dirimu sendiri kamu juga harus bisa mencintai dirimu sendiri. Bagaimana bisa kamu mencintai orang lain jika mencintai diri sendiri saja kamu belum bisa? 

  1. Me time

Me time adalah memberikan waktu kepada diri kita sendiri. Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk me time, seperti mendengarkan musik, membaca buku di perpustakaan, berolahraga, memasak, bahkan membersihkan rumah juga merupakan me time bagi kamu yang menyukai bersih-bersih. Tidur juga bisa dijadikan sebagai satu cara untuk me time. Tidur dapat menghilangkan sejenak beban pikiran yang ada dipikiran kamu. Namun, jangan jadikan tidur sebagai senjata dalam mengapresiasi. Tidur dengan secukupnya saja ya.

  1. Berikan pujian pada dirimu

Setiap hari saat bangun tidur berikan satu pujian untuk menyemangatimu dalam menjalani hari dan saat ingin tidur berikanlah juga satu pujian karena dirimu mampu untuk melewatinya. Terkadang kita terlalu sering memberikan pujian pada orang lain namun, kita lupa memberikan pujian pada diri kita sendiri. Cukup sekedar “Semangat ya untuk hari ini” “Terima kasih telah berjuang hari ini” “Tenang kamu ga sendiri aku akan selalu ada untuk menyayangi kamu” dan masih banyak lagi kata-kata pujian yang dapat kamu berikan untuk dirimu sendiri.

  1. Self reward

Sesekali berikan dirimu sesuatu yang bisa membuat dirimu senang, seperti membeli barang-barang lucu atau semacamnya. Tetapi perlu disesuaikan dengan keuangan kalian. Jangan paksakan untuk membeli jika tidak mencukupi karena masih banyak hal-hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengapresiasi diri sendiri.

  1. Menjadi diri sendiri

ini adalah hal terpenting untuk mengapresiasi diri sendiri. Kita harus menjadi diri kita sendiri dan menerima segala kekurangan yang ada pada diri kita. Tidak perlu repot-repot menjadi orang lain agar dapat diterima oleh orang lain. Jadilah dirimu sendiri dengan segala keunikan yang ada pada dirimu.


Kunci pada cara mengapresiasi diri sendiri ada pada diri sendiri, seperti memaafkan diri sendiri, mencintai diri sendiri dan menjadi diri sendiri. Tetap Semangat ya!!


Posting Komentar

8 Komentar

  1. makasihh atas tulisannya, berasa sedang dipeluk

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Apresiasi diri sendiri dibuthin bgt di era skrang. Mkasih kak klo bisa lanjut bikin konten kek gini lg ditunggu

    BalasHapus
  4. LOV BANGETTT! makassii ini bisa jadi remind buat akkk

    BalasHapus
  5. "Sesekali kita harus bisa mengapresiasi diri kita dengan berkata hebat pada diri kita" BENER BGT! walaupun sering ngerasa diri ini ga ada apa-apanya, padahal sbnrnya kita udah berjuang cuma ga terasa aja~

    BalasHapus
  6. Butuh banget tulisan buat nenangin diri sendiri, makasih ya udah buat tulisan indah iniii

    BalasHapus