Bahas Tuntas Skincare : Pengertian, Fungsi, dan Kandungan



Kalian tau nggak si ternyata langkah-langkah dalam menggunakan skincare itu sangat berpengaruh lohh terhadap fungsi skincare. Jangan sampai salahhh teman-teman, meskipun tidak fatal namun, sayang ga si beli skincare mahal-mahal tapi tidak berpengaruh sama wajah kita. Coba diingat-ingat kembali bagaimana cara teman-teman dalam menggunakan skincare.

Pengertian Skincare

skincare merupakan cara yang dilakukan seseorang untuk merawat dirinya agar mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik dengan menggunakan produk. Ada jenis skincare yang tradisional dan modern. Skincare tradisional didapat dari bahan-bahan yang alami seperti menggunakan masker tomat, timun, dan lain-lain. Sementara skincare modern merupakan skin care yang biasa kita temukan di toko kecantikan.

skincare sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan, serta mencegah timbulnya dark spot yang biasa disebut flek atau bintik hitam. Semua disesuaikan dengan tipe kulit teman-teman yaa!

Macam-Macam Skincare

1. Double Cleansing

Sebelum kita mencuci wajah kita dengan menggunakan sabun, double cleansing memberikan peran penting dalam membersihkan wajah kita. Karena double cleansing akan membersihkan wajah kita dari make up, debu, dan lain-lain. Cuci muka dengan sabun saja tidak cukup. Double cleansing disarankan untuk menggunakan produk berbahan minyak karena dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang berada di wajah. Teman-teman bisa menggunakan berbagai produk dibawah ini :

- Acnes Natural Care Oil Control Milk Cleanser

- Viva Milk Cleanser

- Emina Creamy Milk Cleansing Lotion

- Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water

2. Toner

Teman-teman kalo abis cuci muka suka ketarik ga si wajahnya? suka kan. Nah saat itu ph kulit wajah kita menurun karena sabun cuci muka. Nah biar ga ketarik lagi teman-teman bisa menggunakan toner. Toner berfungsi untuk mengembalikan ph kulit wajah setelah cuci muka. Selain itu, toner juga berfungsi untuk membersihkan kembali sisa minyak saat menggunakan double cleansing dan sabun cuci muka jadi wajah akan jauh lebih bersih setelah menggunakan toner.

3. Serum

Serum merupakan cairan yang memiliki tekstur ringan yang memiliki fungsi untuk menutrisi kulit. Ada berbagai macam jenis serum, seperti serum untuk wajah berjerawat, serum untuk mencerahkan wajah, dan masih banyak lagi. Serum jauh lebih cepat meresap daripada penggunaan pelembab.

4. Tabir Surya

Tabir surya yang biasa kita sebut dengan sebutan sunscreen. Sangat berperan penting untuk menjaga kulit wajah kita dari sinar uv. Sinar uv sangat berbahaya bagi kulit wajah kita dan dapat menyebabkan kerusakan untuk kulit wajah. Dengan menggunakan tabir surya dapat menunda penuaan yang diakibatkan oleh sinar uv. Bahkan ketika didalam rumah kita juga harus menggunakan sunscreen minimal dengan spf di bawah 30 sementara jika kita ingin bepergian atau sering beraktivitas diluar maka kita harus menggunakan sunscreen dengan spf diatas 30 dan dipakai saat 15 menit sebelum kita beraktivitas yaa!!

5. Sabun Cuci Muka

sabun cuci muka digunakan untuk membersihkan wajah kita setelah menggunakan double cleansing. Kita harus bisa mencari sabun cuci muka dengan ph yang rendah agar menghindari wajah ketarik dan kering ketika setelah menggunakannya. Kita juga harus menyesuaikan sabun cuci muka dengan tipe kulit wajah kita ya teman-teman.

6. Pelembab

Pelembab memiliki fungsi untuk melembabkan kulit. Peran lainnya pelembab adalah menjaga kealamian struktur kulit, memproteksi kulit dari paparan radikal bebas, membantu kinerja sel kulit lebih maksimal, dan menjaga stabilitas pH kulit. Pelembab memiliki banyak varian tekstur dan setiap tekstur menentukan fungsi yang berbeda-beda, seperti pelembab dengan tekstur krim sangat cocok untuk kulit kering, kombinasi, dan normal sementara pelembab dengan tekstur gel sangat cocok untuk kulit berminyak.

Semua bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan kulit teman-teman ya. Kalau bisa kita harus membeli berbagai macam skincare yang sudah bpom dan tentunya original yaaa. karena banyak sekali diluaran sana yang menjual berbagai macam jenis skincare dengan bahan palsu dan sangat berbahaya. Jangan Sampai teman-teman menggunakan produk skincare berbahan merkuri yaaa karena sangat berbahayaaa.

Baca juga : Skincare, Kenali Jenis dan Fungsinya


Fungsi kandungan Skincare

Setelah mengetahui macam-macam dari skincare teman-teman juga harus mengetahui fungsi dari kandungan yang ada pada produk skincare agar bisa menyesuaikan kebutuhan kulit teman-teman. Berikut fungsi dari kandungan yang ada pada produk skincare :

Niacinamide : Mengatasi kulit berjerawat, mengecilkan pori-pori, dan mengurangi garis halus dan kerutan di wajah

Salicylic Acid : Meredakan jerawat dan mengeksfoliasi sel kulit mati

Arbutin : Menghambat pembntukan melanin atau pigmen pemberi warna kulit

Retinol : Membantu memperbaiki kerusakan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah seperti kerutan dan garis halus

Vitamin C : Menjaga kelembapan kulit dan membantu mengatasi kulit kering

Idebenone : Melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan lingkungan serta membantu proses regenerasi dan peremajaan kulit

Resveratol : Agen antioksidan untuk mendukung kecantikan kulit

Ceramide : Memberi kelembapan, menjaga kulit tetap terhidrasi, lembut, dan kenyal


Kandungan skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan

Menggunakan skincare memang sangat bagus, namun tidak semua kandungan skincare dapat digunakan secara bersamaan, seperti :

1. Retinol dan Alpha Hydroxy Acid

Karena keduanya memiliki kandungan dari turunan vitamin A. Sama-sama memiliki fungsi untuk anti penuaan. Jika digabung maka keduanya memiliki fungsi yang sama dan malah berakibat mengelupasnya lapisan luar kulit dan berpotensi iritasi karena berlebihan.

2. Retinol dan Benzoli Peroksida

Retinol memiliki fungsi lain yaitu menghilangkan jerawat sementara benzoli peroksida dapat menonaktifkan molekul retinol sehingga akan menjadi bumerang bagi kulit wajah.

3. Retinol dan Vitamin C

Vitamin C sangat efektif dlam lingkungan pH asam sementara retinol bekerja pada pH yang tinggi sehingga jika keduanya digabungkan maka kedua kandungan tersebut tidak dapat bekerja dengan maksimal.

4. Retinol dan Asam Salisilat

Kedua kandungan ini jika digunakan secara bersamaanakan membuat kulit menjadi kering dan memicu iritasi

Baca juga : 9 Produk Skincare Untuk Perawatan Kulit Dasar


Nah buat teman-teman yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai skincare, teman-teman bisa menonton video dibawah ini





Posting Komentar

1 Komentar

  1. min bahas tentang skincare yang mengandung comedogenic dong

    BalasHapus